“Om, Telolet, Om” sebagai wujud onomatopoeia (peniruan bunyi) sudah mewabah hingga ke mancanegara. Asalnya cuma sekadar kesenangan akan klakson bus yang sebenarnya sudah awam kita dengar selama puluhan tahun tapi kini mendadak viral karena adegannya dibuat lucu dan mengundang perhatian. 

Gue gak tau harus bangga atau nggak sama kejahilan anak Indonesia yang ternyata berbuah meroketkan nama Indonesia di kalangan dunia. Buktinya, fenomena ini diliput BBC News dan jadi trending hashtag di Twitter! Selebriti luar negeri juga ikut-ikutan mencuitkan kata fenomenal itu. Kesempatan ini tentu dimanfaatkan banyak pihak untuk mencari popularitas dengan cara menggubah lagu dan sebagainya. Di Instagram pun, telah bertebaran banyak akun yang berbau “Om Telolet Om”. 

Dua hari lalu, gue lagi naik transjakarta, tiba-tiba denger suara klakson angkutan umum yang kata orang bunyinya “telolet”. Spontan, seorang ibu di sebelah gue nyeplos “telolet” juga. Gue yang kaget denger bahkan sampe seorang ibu yang cukup tua bisa menyetuskan kata yang menurut gue alay banget cuma bisa nyengir.

Yah beginilah negeriku: aneh, ajaib, dan penuh dengan kejutan.

Advertisements